Sejarah

Kebutuhan SDM bidang Rekayasa Konstruksi Gedung, yang mampu dari segi perancangan, pengelolaan dan pengambil keputusan (level manjerial) di era global tidak dapat dielakkan lagi, maka dari itu jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Medan merasa perlu untuk membuka Program Studi Manajemen Rekayasa Konstruksi Gedung (MRKG) jenjang Diploma IV (D-IV). Pembukaan Program Studi D-IV MRKG ini juga merupakan implementasi dari renstra, visi dan misi Polmed dan Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Medan.

Studi kelayakan pembukaan Program Studi D-IV MRKG Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Medan berupa hasil survei kebutuhan pengguna lulusan dan peminat serta sosialisasi. Sosialisasi dilakukan dalam bentuk kunjungan dan semiloka. Sosialisasi dilakukan ke beberapa sekolah, asosiasi, dan Dinas PU Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, selain untuk sosialisasi akan dibukanya program studi ini juga untuk mendapatkan data peminat yang akan mengikuti perkuliahan dan data tempat kerja yang akan menerima lulusan. Semiloka menghadirkan para pakar MRKG, asosiasi dan Dinas PU Sumut.

Program Studi D IV Manajemen Rekayasa Konstruksi Gedung (MRKG) Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Medan berdiri pada tahun 2009 dan telah memulai perkuliahan perdana pada semester A Tahun Ajaran 2009/2010. Kepala Program Studi Periode 1 Nov 2009- 31 Okt 2013 oleh Fadli, S.T., M.T. Kepala Program Studi Periode 1 Nov 2013- 31 Okt 2017 oleh Marsedes Purba, B.Sc, Ci.Eng, M.Sc. dan Kepala Program Studi Periode 1 Nov 2017- 31 Okt 2021 oleh Palghe Tobing, S.T., M.T.